Kenali 3 Fakta Tentang Pomade Rambut

0
27

Fakta Pomade Rambut – Style rambut pria yang memakai pomade memang tidak lekang oleh waktu. Ini dapat dibuktikan jika s/d sekarang pomade masih digemari oleh kaum pria. Pomade dipandang seperti produk yang bisa membuat tatanan rambut jadi lebih rapi. Langkah memakai pomade termasuk gampang, Anda dapat memakai pomade sendiri di dalam rumah sebelum pergi.

Kenali 3 Fakta Tentang Pomade Rambut

Seperti yang bisa Anda terka, Kamini akan membahas mengenai langkah memakai pomade yang benar. Tetapi, sebelum mengulas sekitar tips pemakaian pomade lebih lanjut, alangkah lebih baiknya bila Anda kenal beberapa jenis pomade yang di jual di market.

Jenis-Jenis Pomade Rambut

Tahukah Anda jika sampai kini ada 3 type pomade yang tersebar di market. Bila Anda telah terlatih memakai pomade, karena itu Anda tentu tahu beberapa jenis pomade itu. Nah, di bawah ini Kamini akan memberikan info tentang 3 type pomade yang biasa dipakai oleh pria.

1. Pomade Oil Based

pomade oil based

Melihat dari namanya, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa pomade oil based adalah pomade yang berbahan dasar minyak. Jenis pomade ini dapat mengunci tatanan rambut Anda lebih kuat dari semua jenis pomade lainnya. Daya tahan pomade oil based ini sangat kuat, sehingga tatanan rambut akan di hold dengan baik kala Anda menggunakan pomade oil based ini.

Memiliki rambut yang sulit diatur tentu saja bisa membuat seorang pria stres. Nah, kehadiran pomade oil based ini sangat membantu para pria yang memiliki rambut yang sudah diatur untuk dapat menata rambutnya dengan baik.

Pomade oil based cocok digunakan untuk menghadiri berbagai acara, terutama acara yang membutuhkan waktu lama, karena rambut Anda tidak akan acak-acakan jika sudah menggunakan pomade oil based.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa pomade oil based susah dibersihkan. Anda memerlukan shampoo dengan conditioner untuk dapat menghilangkan sisa-sisa pomade oil based ini dari rambut. Cuci rambut sebanyak 2-3 kali setelah menggunakan pomade untuk menghilangkan sisa dan bau pomade.

2. Pomade Water Based

pomade water based

Pomade water based merupakan pomade berbahan dasar air yang juga diminati oleh para pria. Namun, karena pomade ini berbahan dasar air, maka daya tahan pomade ini tidak selama pomade oil based. Keistimewaan pomade water based dibandingkan dengan jenis pomade lainnya adalah efek kilap yang ditampilkan oleh rambut yang menggunakan pomade ini.

Penggunaan pomade water based sebenarnya cukup berisiko. Anda harus hati-hati saat cuaca sedang hujan, karena pomade ini dapat mudah hilang saat terkena air hujan atau keringat. Oleh karena itu, pomade water based sebaiknya dipakai untuk sehari-hari saja, seperti pergi ke rumah teman atau ke kantor.

Pembersihan pomade water based terbilang mudah. Anda hanya perlu keramas dengan shampoo sebanyak satu kali saja. Karena sifat pomade ini mudah luntur, sehingga tidak akan lengket pada rambut.

3. Pomade Mix Based

pomade mix based

Solusi bagi Anda yang ingin masih bingung dalam memilih pomade oil based atau water based adalah pomade mix based. Ini adalah pomade yang mengombinasikan bahan minyak dan air. Daya hold pomade ini medium, tapi lebih kuat dibanding pomade water based.

Di Indonesia, jenis pomade mix based belum terlalu banyak dikenal. Bahkan, jenis pomade ini sulit ditemukan di Indonesia. Jadi, Anda hanya bisa memilih antara pomade oil based atau water based saja.

6 Cara Menggunakan Pomade

Walau cara menggunakan pomade terlihat mudah, tapi tidak semua pria bisa mengaplikasikan pomade ke rambutnya. Kamini akan memberikan langkah-langkah untuk menggunakan pomade sebagai berikut:

  1. Gunakan pomade saat rambut dalam keadaan kering, tetapi tidak masalah jika Anda ingin mengaplikasikan pomade pada rambut lembab. Namun, agar pomade bisa melekat sempurna pada rambut sebaiknya tunggu sampai rambut Anda benar-benar kering
  2. Ambil pomade dengan jari telunjuk, lalu gosokkan di kedua telapak tangan Anda
  3. Usapkan tangan yang sudah diolesi pomade tersebut ke rambut. Usahakan untuk mengoles dengan alur dari depan ke belakang
  4. Ambil sisir khusus pomade, lalu segera tata rambut sesuai dengan keinginan Anda menggunakan sisir tersebut
  5. Apabila rambut masih tampak kering, sebaiknya tambahkan sedikit olesan pomade. Akan tetapi, perlu Anda perhatikan untuk tidak menggunakan pomade terlalu banyak agar rambut tidak sulit dibersihkan
  6. Jika Anda sudah selesai bergaya dengan tatanan rambut pomade, segera bersihkan rambut dengan keras memakai shampoo

Tips sederhana bagi Anda yang sering menggunakan pomade, sebaiknya beri jeda 1-2 hari setelah menggunakan pomade, sebelum Anda mulai memakai pomade kembali.

Nah, bila Anda adalah pengguna pomade oil based, sebaiknya segera cuci rambut Anda sebelum 24 jam karena pomade yang dibiarkan di rambut dalam jangka waktu panjang bisa menutup kulit kepala sehingga menyebabkan ketombe. Pastikan Anda tidur dengan rambut yang sudah bersih.

Manfaat Menggunakan Pomade

Tren menggunakan pomade memang sangat digemari oleh para pria modern. Pomade akan membuat gaya pria menjadi lebih classy dan rapi. Bahkan, rambut yang ikal dan sulit diatur sekalipun bisa terlihat rapi dengan menggunakan pomade. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan pomade:

  • Membuat Tampilan Rambut Lebih BerkilauMembuat Tampilan Rambut Lebih Berkilau

Rambut yang berkilau dan nampak basah secara alami akan membuat tampilan Anda menjadi lebih parlente dan rapi. Oleh karena itu, banyak para pria yang memilih untuk menggunakan pomade untuk menata rambutnya agar terlihat lebih rapi.

  • Memudahkan Anda Menata RambutCara Menggunakan Pomade

Apapun jenis tatanan rambut yang Anda kehendaki, semua bisa dibentuk dengan pomade. Anda bisa berganti-ganti gaya rambut masa kini setiap hari hanya dengan mengandalkan pomade. Ketika Anda mengoleskan pomade ke rambut, maka rambut akan menjadi lebih licin sehingga mudah diatur.

Bahkan, jenis rambut yang sulit diatur akan bisa ditata sesuai dengan kehendak Anda menggunakan pomade. Di hampir sebagian besar barbershop, pomade selalu dipakai untuk proses stylingHairstylist yang ada di barbershop akan membantu Anda dalam membentuk tatanan rambut idaman dengan pomade.

  • Menahan Tatatan Rambut Andagaya rambut

Jika wanita biasa menggunakan hairspray untuk menahan tatanan rambutnya, pria bisa mengandalkan pomade untuk menahan hairstyling. Pomade akan membuat para pria lebih mudah dalam menata rambut.

Bahkan, jika tatanan rambut rusak karena pemakaian helm atau terpaan angin, Anda dapat segera mengoleskan pomade kembali dan menyisirnya sesuai dengan tata rambut yang Anda inginkan. Pomade oil based bisa bertahan sampai 3 hari, tapi sebaiknya Anda tidak menggunakan pomade lebih dari 24 jam.

Nah, sudah tahu kan cara menggunakan pomade yang benar? Pastikan rambut Anda tertata dengan baik sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Untuk membuat rambut tampak rapi dan gaya, sebaiknya gunakan bantuan pomade. Saat ini, ada begitu banyak merk pomade populer di Indonesia. Anda bisa memilih salah satu yang cocok untuk menata rambut Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here